WARTA BERITA SAWAHAN

SUDAH SAATNYA MOTOR KITA BERSIH TIAP HARI…..


Oleh : Setyo Yulianto, SE

Kegiatan sosial di desa Sawahan adalah kegiatan yang lain dari pada yang lain dikarenakan kegiatan ini adalah kegiatan dengan pengadaan barang. KSM. Berdikari yang dibentuk oleh Bp. Umar Slamet adalah kegiatan dimana kegiatan ini akan berkelanjutan. Hasil pemikiran ini dituangkan di dalam PJM yang ada di BKM Barokah desa Sawahan. Yang mana kegiatan ini Pangadaan Alat Cuci Motor.
Dimana alat itu akan dikelola oleh KSM dan penerima manfaat dari kegiatan ini. Kegiatan ini berada di dukuh Klajiran desa Sawahan. Dimana KSM menyediakan tempat untuk mengelola alat cuci motor tersebut.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemanfaat yang masuk di dalam PS2 atau yang biasa kita sebut dengan warga miskin.
Dimana kegiatan ini menberikan pendapatan dari hasil kelola alat tersebut. Kegiatan ini diharapkan dari BKM adalah kegiatan yang berkelanjutan. Sebelum pelaksanaan dan pembelian alat yang didanai dari BKM ini diadakan pertemuan
KSM untuk membahas aturan main yang ada untuk pengelolaan alat tersebut.
Kegiatan ini akan memberikan hasil untuk BKM dimana hasil ini untuk kegiatan BKM atau biaya operasional BKM dan sebagian untuk KSM pengelola dan untuk pemanfaat warga miskin. Dimana dari hasil perputaran kegiatan ini akan disisihkan untuk kegiatan sosial yang lain yang diperuntukan warga miskin yang ada di desa Sawahan.

BKM bersama KSM dan Fasilitator turut serta mengawasi dan memberikan bimbingan untuk kelanjutan kegiatan ini. Dan diberikan pengarahan tentang cara pembukuan sederhana untuk mencatatkan semua pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan ini. Kegiatan ini menghabiskan dana sebesar Rp. 4.275.000,- dari dana BLM dan Rp. 510.000,- dari swadaya.