PELATIHAN DASAR ALL BKM

PELATIHAN DASAR ALL BKM MENAMBAH ILMU DAN JUGA PENGALAMAN LHO………

Oleh : Wasno (UPS)

Pelatihan dasar All BKM yang diselenggarakan oleh PNPM-MP telah diselenggarakan di kecamatan Ngemplak dari tanggal 26 Januari sampai 29 Januari 2011, yang mana pelatihan ini diikuti oleh 8 desa khusus untuk dampingan fasilitator TF-33 yaitu, Manggung, Donohudan, Dibal, Sindon, Kismoyoso, Sawahan, Pandeyan dan Giriroto. Berdasarkan rapat koordinasi forum BKM kecamatan disepakati bahwa untuk tempat pelaksanaan dibagi menjadi 2 yaitu tim barat yang terdiri dari desa Dibal, Donohudan, Sindon dan Manggung. Sedangkan untuk tim timur adalah desa Kismoyoso, Pandeyan, Sawahan dan Giriroto. Melalui Media Warga ini penulis ingin menceritakan sekilas mengenai pelaksanaan pelatihan All BKM di desa Sawahan.


Pelaksanaan pelatihan di desa Sawahan bertempat di SDN Pandeyan 1 dimana sistem panitiahan ini di klaster desa Sawahan sendiri sekelas dengan desa Kismoyoso. Yang mana pesertanya terdiri dari UPK, UPL, UPS, BKM dan Relawan dimana jumlah peserta perdesa minimal adalah 20 orang. Waktu pelaksanaan pelatihan memang di sepakati malam hari karena jika siang hari banyak relawan yang bekerja/makaryo.
Pelatihan seperti ini sudah hampir sering dilakukan namun bagi desa Sawahan sendiri merupakan pengalaman yang tidak dapat dilupakan karena begitu berkesan, karena pemandunya ganti-ganti sehingga tidak membosankan apalagi ada materi kerelawanan yang merupakan salah satu materi penting yang harus semua relawan tahu agar ada penguatan dan pemahaman kepada pelaku-pelaku PNPM-MP yang sudah ada sekarang ini. Untuk UP dan BKM yang ada di Sawahan sendiri juga banyak yang baru sehingga materi-materi yang diberikan dari mulai manajemen relawan, KBK, Tupoksi BKM menambah pengetahuan dan ilmu buat pelaku BKM yang mungkin selama ini masih bingung apa yang menjadi tugasnya dalam mengemban tugas di kegiatan PNPM-MP.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari juga memberikan modal untuk kelak bisa melaksanakan kegiatan dimasyarakat. Yang mana faskel-faskel yang selaku pendamping juga dengan setianya tanpa rasa lelah membimbing, mengarahkan dan juga memotivasi khususnya UP-UP dan BKM selaku penggerak PNPM-MP.Biarpun dilaksanakan selama 4 hari

namun pelatihan ini dirasa masih kurang dan masih butuh lagi penguatan-penguatan
di kemidian hari. Pelaksanaan pelatihan ini juga memberikan suatu pengalaman untuk berbaur dengan desa lain yang juga ada kegiatan PNPM-MP, saling sharing, curhat dan berbagi pengalaman tentang kegiatan PNPM-MP yang dirasa sudah berhasil maupun yang masih kurang dan belum berhasil. Sehingga dengan adanya saling sharing antar peserta bisa menilai bagaimanakah program yang berjalan didesa mereka masing-masing.

Semangat kerelawanan, kebersamaan saling asah,asih dan asuh yang diterapkan di PNPM-MP semoga bisa diterapkan pada pelaku-pelaku PNPM-MP karena pada hakikatnya program apapun yang diberikan   oleh masyarakat adalah menumbuhkan adanya solidaritas sosial dan juga yang paling penting adalah mengentaskan kemiskinan sehingga kesejahteraan masyarakat terpenuhi. Akhirnya UP, BKM dan Relawan dengan berakhirnya pelatihan ini pulang dengan membawa ilmu yang bermanfaat.

Inilah sekilas mengenai pelatihan dasar All BKM yang sudah dilaksanakan selama 4 hari. Bagi masyarakat yang ingin tahu lebih lanjut tentang kegiatan BKM lainnya bisa langsung ke sekretariat BKM Barokah disana semua bentuk informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terkait dengan PNPM-MP bisa diperoleh.